Gerakan Presiden Non-Jawa


Saya orang jawa. Tetapi saya mendukung Gerakan Presiden Non-Jawa (jika ada…). Minimal ada dua alasannya:
  1. Untuk lebih memperkuat lagi persatuan Indonesia. Di saat yang sulit yang dialami bangsa ini seperti sekarang ini, maka yang diperlukan adalah persatuan yang semakin kuat agar semakin mudah menyelesaikan masalah. Sebaliknya perpecahan harus dihindari sejauh mungkin. Isu dominasi jawa disangkal atau tidak, adalah ada, baik yang dibicarakan dengan lantang ataupun yang bisik-bisik. Isu ini harus dihilangkan. Menjadi presiden adalah hak semua warga negara, dan ini harus dibuktikan biar tidak ada keraguan lagi. Dan terutama untuk menumbuhkan rasa keadilan dan persatuan.

  2. Untuk memberikan angin segar perubahan. Memang tidak ada jaminan bahwa perubahan akan membawa kemajuan yang lebih baik, tapi tanpa dicoba siapa yang akan tahu.  Yang jelas apa yang terjadi sekarang ini rasanya cukup memprihatinkan. Kemajuan yang diharapkan terasa berjalan lamban. Jangankan berlari, rasanya jalan saja sudah tertatih-tatih, sangat dikhawatirkan kalau akan diam, atau bahkan berjalan mundur. Maaf jika apa yang saya rasakan ini tidak benar. Kita perlu angin segar perubahan. Saya sama sekali tidak percaya jika dikatakan bahwa etnis non-jawa belum siap menjadi presiden. Saya yakin, siapapun presidennya, pasti akan berhasil jika didukung oleh segenap warga Indonesia, terutama oleh para pembantu presidennya. Dan siapapun presidennya, sepandai apapun dari etnis apapun, pasti tidak akan berhasil, jika tidak didukung oleh rakyat Indonesia, jika dikhianati oleh para pembantunya, jika disabotase oleh kawan-lawan politiknya. Memang penting mempunyai presiden yang pintar jenius, tetapi lebih penting lagi presiden yang amanah tulus.
Demikian alasan saya untuk mendukung Gerakan Presiden Non-Jawa (jika ada…). Marilah kita bersatu padu membuktikan bahwa bangsa ini memang satu kesatuan tak terpisahkan. Marilah kita pilih presiden non-jawa, dan kita dukung bersama hingga terbukti bahwa bangsa ini memang bisa bersatu, kuat dan berjaya.

Mohon maaf jika ada salah kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Ke Atas]